Widya Wisata Bali Overland Tours

Tujuan dari kegiatan Widya Wisata Bali Overland adalah bagian program diklat yang ditawarkan oleh SMK/SMIP Bhakti Kartini setiap tahunnya.

SMK/SMIP Bhakti Kartini Tahun Ajaran 2008 - 2009

Berikut kami berikan ulasan singkat bergambar tentang kegiatan Widya Wisata Bali Overland Tours yang di selenggarakan oleh SMK/SMIP Bhakti Kartini pada tanggal 11 Maret 2009 sampai dengan 18 Maret 2009 dan diikuti oleh siswa-siswi tingkat I (satu)  Usaha Jasa Pariwisata (UJP) dan Akomodasi Perhotelan (AP) dan siswa-siswi tingkat II (dua) Akomodasi Perhotelan (AP).

Hari Pertama, Rabu 11 Maret 2009

Bus Pariwisata Widya Wisata Bali Overland Tours 11 Maret - 18 Maret 2009

Seluruh siswa-siswi SMK/SMIP Bhakti Kartini berkumpul di sekolah pada pukul 06.00 WIB. Dan diberangkatkan pada pukul 08.30 WIB melalui route tol Cikampek, Sukamandi, Indramayu, Losari, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Semarang, Penak, Kudus, Pati Rembang, Tuban, Lamongan, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Besuki, Situbondo, Asambagus, Banyuwangi, Ketapang – Gilimanuk.

Hari Kedua, Kamis 12 Maret 2009

Pelabuhan Gilimanuk, Bali

Penyebrangan rombongan Widya Wisata Bali Overland dengan menggunakan kapal Ferry dan tiba di Pelabuhan Gilimanuk. Dan perjalanan dilanjutkan menuju Soka, Tabanan dan Denpasar dan check-in di Hotel Sari Nikita Jl. Bedahulu VII No.3, Denpasar, Bali.

Hari Ketiga, Jum’at 13 Maret 2009

Hari pertama rombongan Widya Wisata Bali Overland di Bali untuk mengunjungi objek-objek wisata.

1. Galuh

Obyek Wisata Galuh

Galuh adalah sebuah pasar handycraft, tenun batik asli Bali, Patung terbuat dari Batu Bulan, Pura dan rumah-rumah adat. Lokasinya terletak di Desa Batu Bulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, kira-kira 8 km dari Denpasar.

2. Made Bali

Sebuah shopping center oleh-oleh khas Bali yang menjual makanan khas Bali seperti Dodol Bali, Kacang Rahayu (Kacang khas Bali), Brem dan aneka kripik. Lokasinya di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

3. Kintamani Tour

Obyek Wisata Kintamani

Kintamani adalah obyek wisata yang besuhu dingin dengan pemandangan alam yang indah dan asri dan dari kejauhan terlihat dua gunung berapi yang masih aktif yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung. Juga terdapat sebuah Danau Batur. asal nama Kintamani adalah Cintamani yang artinya Cinta yang tidak dapat dipisahkan. Lokasinya terletak di Desa Padelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Tingkat II Bangli.

4. Tampak Siring / Tirta Empul

Obyek Wisata Tampak Siring / Tirta Empul

Tampak Siring adalah sebuah istana kepresidenan di Bali di tempati presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Terdapat obyek wisata Tirta Empul yang artinya Tirta = Air, Empul = Timbul, konon menurut kepercayaan masyarakat Bali, apabila mandi atau berendam di kolam tersebut maka keinginannya akan terkabul. Di Tirta Empul ini terdapat 7 pancuran air.

5. Pasar Seni Sukawati

Pasar yang sangat terkenal di Bali selain Joger. Psar ini menjual beraneka ragam souvenir, patung, pakaian dan kain khas Bali. Lokasinya terletak di Jl. Sukawati.

6. Table Manner

Table Manner di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur

Table Manner adalah istilah dalam dunia perhotelan yang artinya adalah tata cara atau etika ketika menyantap makanan dan cara menggunakan peralatan pendukung seperti jejeran sendok, garpu dan pisau aneka ukuran. Table Manner ini di lakukan di Hotel Inna Grand Bali Beach yang berlokasi di Sanur.

Hari Keempat, Sabtu 14 Maret 2009

7. Sangeh

Obyek Wisata Sangeh

Sangeh adalah obyek wisata hutan pala yang berpenghuni kera. Lokasinya terletak di Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abean Semal, Kabupaten Badung. Kurang lebih 21 km dari Denpasar. Kata Sangeh berasal dari kata Sangureh (Sang: Raja, Ureh: Kera, Raja Kera) dan ada juga yang maknanya (Sang: Orang, Ureh: Kaget, Orang Kaget). Di dalam Sangeh terdapat Pura dan juga pohon Lanang Wadon, yang mewakilkan antara perempuan dan laki-laki.

8. Pusat Kerajinan Emas dan Perak

Pusat kerajinan emas dan perak ini teletak di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Disini harga emas dan perak dapat di discount 50% dari harga aslinya. Dan emas dan peraknya pun terkenal tahan lama.

9. Bedugul

Obyek Wisata Bedugul

Obyek wisata Bedugul terletak di Jl. Gatot Subroto, Denpasar. dengan ketinggian 1200 m dari permukaan laut. Salah satu keindahan Bedugul adalah Danau Beratan dan Gunung Catur. Dikatakan Gunung Catur karena gunungnya berjumlah empat. DI Bedugul terdapat wisata air seperti Motor Boat dan Sampan (Perahu Dayung).

10. Tanah Lot

Obyek Wisata Tanah Lot

Obyek wisata Tanah Lot terletak di Desa Brabasan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tingkat II Tabanan. Tanah Lot ini berlatar belakang Pura di tengah laut. Disini terdapat goa yang didalamnya konon terdapat ular laut putih yang di sucikan dan kelelawar. Menurut kepercayaan masyarakat Bali bila dapat menyentuh ular laut itu dan meminta keinginan, maka keinginannya pun akan terkabul. Begitu juga dengan air suci yang ada di goa. Konon jika membasuh muka sebanyak tiga kali maka permohonannya akan terkabul.

11. Tari Kecak

Seni Tari Kecak

Tari Kecak dan Shangyangh (Sahadewa, Stage Chandra Budaya), Lokasinya terletak di Jl. SMK1 Batu Bulan – Gianyar. Tari Kecak ini adalah tarian yang dimainkan oleh 100 orang tanpa adanya alat musik. Tari Kecak ini melambangkan pertarungan antara “Kejahatan” dengan “Keadilan”.

Hari Kelima, Minggu 15 Maret 2009

12. Tari Barong dan Keris Dance

Seni Tari Barong

Seni tari Barong berlokasi di Jl. SMK1 Batu Bulan – Gianyar. Tari Barong menggambarkan pertarungan antara “Kebajikan” dan “Kebatilan”.

13. Nusa Dua / Tanjung Benoa

Obyek Wisata Nusa Dua / Tanjung Benoa

Obyek wisata bahari Nusa Dua / Tanjung Benoa terdapat pantai / laut yang indah dengan background Pulau Penyu. Dan terdapat wisata air Banana Boat, Motor Boat, Parasailing dan perahu mesin.

14. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Obyek Wisata Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung yang berbentuk Burung Garuda dan Patung yang berbentuk Manusia. Patung yang berbentuk Manusia bernama Patung Wisnu yang berada di atas puncak bukit. Patung Wisnu adalah patung yang berbentuk Manusia tetapi hanya setengah badan saja dan kedua tangannya terpisah dari badannya. Kedua tangan Patung Wisnu berada di taman dekat pintu masuk ke Garuda Wisnu Kencana.

15. Joger dan Pantai Kuta

Obyek Wisata Pantai Kuta

Joger adalah sebuah pusat perbelanjaan di Bali atau Shopping Center Joger yang terkenal dengan pabrik kata-kata. Karena Joger terkenal dengan gambar dan kata-katanya yang lucu dan unik.

Di Pantai Kuta terdapat pemandangan pantai indah berupa sunset di kala petang.

16. Dinner Party

Acara Dinner Party

Acara Dinner Party adalah acara terakhir rombongan wdya wisata Bali Overland Tours dan sebagai acara malam perpisahan di sebuah restaurant di Denpasar sebelum bertolak ke Bekasi.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat kami ceritakan mengenai kegiatan kami selama kegiatan widya wisata Bali Overland Tours pada tanggal 11 Maret sampai dengan 18 Maret 2009. Terima kasih atas perhatian para pengunjung situs kami.